gw dibesarkan di lingkungan perokok..bapak, kakek, om-om gw..semuanya perokok..boleh dibilang hampir semua anggota laki2 di keluarga gw adalah perokok..jadi sebenernya menghirup asap rokok adalah hal yang biasa bagi gw…walaupun sejak kecil kalo gw disuruh beli rokok sama bapak, pernah gw patahin rokoknya..trus gw gak berani masuk rumah..takut dimarahin..trus bapak sama ibu keluar dan nyariin gw..ternyata gw lagi jongkok di depan rumah..dan eh ternyata gw gak dimarahin hehe..malah digendong2..mungkin bapak gw takut gw ilang kali ya..soalnya pernah tuh gw ilang malem2 karena ngikutin orang ngamen..kok dulu ada orang ngamen malem2 ya? dan yang lebih penting lagi ngapain ya gw ikutin?

tapi gw jadi bener2 sebel sama asap rokok ketika adek gw lahir..adek gw mengidap asma..dan gw baca salah satu penyebab bayi bisa asma adalah ketika ibu hamil banyak menghirup asap rokok, maka bayinya bisa mengidap asma..kebetulan waktu ibu hamil..bapak gw suka merokok di deket ibu..

penyebab kedua adalah..kakek gw meninggal..kakek gw perokok berat dan waktu itu kena stroke..memang sih sehabis stroke beliau masih bisa jalan (walau dengan bantuan dll)..tapi gw selalu merasa penyebab beliau kena stroke adalah karena merokok itu…

penyebab ketiga adalah bapak gw kena serangan jantung..gak parah sih..waktu itu gw masih SD..gw takut banget..memang sih selama masa penyembuhan bapak berhenti sementara..tapi habis itu suka curi-curi lagi..sampai sekarang..gw takutnya kalo-kalo jantung bapak kambuh..gw gak mau bapak sakit..

Penyebab keempat adalah kakek gw dari pihak ibu sakit keras dan dokter berkata bahwa ini adalah akibat kakek gw punya kebiasan merokok dan minum kopi tubruk yang kentel banget…untungnya kakek gw sembuh setelah pernah dirawat di rumah sakit..dan sampai sekarang beliau gak pernah ngrokok lagi..

itulah latar belakang terkuat kenapa gw benci perokok..gw sebel ada di dekat perokok..karena gw selalu menghirup asapnya..apalagi kalo di ruangan ber-ac..walaupun jaraknya jauh, tapi sebenernya sirkulasi udara di ruangan ber0ac itu kan gak lancar..jadinya asapnya menyebar walau jarak gw dan perokok 10 meter..cuma sayangnya sang perokok suka gak nyadar kalo asapnya bisa mengganggu  bahkan orang yang jaraknya 10 m dari dia..

gw bukan membenci dalam arti membenci personnya..kalo kayak gitu gw berarti benci sama bapak dan kakek gw dong..tapi yang gw benci adalah habitnya..karena apa? karena gw gak mau ada orang yang mengalami kehilangan kayak gw, kengerian yang sama ketika orang yang kita cintai sakit..memang sih biasanya perokok akan bilang alaah kan umur sudah ditentukan gak ngerokok pun kalo memang mati besok ya mati aja..dan segudang alasan “denial ” yang lain..yang bisa bikin kita kehilangan kata2..

atleast, setidaknya bila tidak anda lakukan sendiri, lakukan untuk menghormati teman-teman anda, keluarga anda untuk menghargai bagaimana mereka mencintai anda dan tidak ingin kehilangan anda….sampai sekarang pun gw selalu berharap bapak gw berhenti merokok..